RADIO ONLINE YUNUS, BERISI LAGU ROHANI
RADIO YUNUS.............
 

Kanker Payudara Pria

dr. Stephanie Pangau, MPH
Dok, saya seorang pria berusia 65 tahun, saya baru memperhatikan seminggu ini kalau nipple (puting susu) saya sebelah kiri mengeras dan membesar, tapi tidak ada rasa sakit. Saya menjadi takut, apakah ini yang disebut dengan penyakit kanker payudara pada laki-laki? Apakah penyebabnya? Bagaimana cara penanggulangannya? Atas jawaban dokter, saya ucapkan terima kasih.
Bp. Nadir
Tangerang.
Melihat kondisi Bp. Nadir, saya menyarankan untuk sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter anda.  Mengingat, kondisi seperti yang bapak paparkan memiliki kemungkinan besar terkenan kanker payudara.  Apalagi mengingat usia anda sudah lebih dari 60 tahun. Sebuah penelitian menemukan, dari semua kasus kanker payudara yang ada, sejumlah 2% diantaranya terjadi pada kaum laki-laki, terutama pada mereka yang berusia lanjut.
Amat sangat disayangkan, banyak pria justru tidak waspada dengan gejala-gejala yang ada (mungkin karena terjadinya tanpa disangka-sangka), sehingga mereka sering terlambat untuk berkonsultasi dengan dokter mereka untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Padahal, bila secepatnya terdiagnosis, maka seharusnya keadaan seperti ini bisa tertolong dengan sukses melalui cara-cara perawatan, seperti yang diterapkan pada kasus-kasus kanker pada payudara perempuan.
Bapak Nadir yang terkasih, perlu anda ketahui, bahwa  penyebab kanker (termasuk kanker payudara), sampai sekarang ini belum bisa diketahui dengan pasti, walaupun sebenarnya para dokter di zaman maju ini telah mengetahui jauh lebih banyak tentang masalah kanker.  Namun demikian tetap saja belum bisa mengetahui secara pasti dan menyeluruh, apa yang menyebabkan dimulainya proses penyakit kanker tersebut. Yang baru bisa dipelajari, adalah faktor-faktor pencetus saja, misalnya adakah riwayat penyakit kanker dalam keluarga? Status single? Senang makanan yang berlemak? Atau sering memakan makanan yang mengandung bahan-bahan karsinogenik (penyebab kanker)? Faktor stress yang tinggi dan berlangsung lama? dan banyak kemungkinan yang lain.
Untuk cara penanggulangan masalah ini tidak ada yang bisa dikerjakan untuk membantu seorang penderita kanker sebelum si pasien memeriksakan diri pada seorang dokter. Selanjutnya, setelah benjolan pada payudara ditemukan, maka perlu dilakukan mammografi payudara dan needle biopsy (biopsi jarum). Ketika diagnosis dapat ditegakkan, maka dengan demikian penanganan yang tepat dapat dilakukan. Setelah dilakukan penetapan stadium, tindakan yang paling tepat bagi pasiennya dapat ditentukan.   Apakah dengan operasi, chemotherapy, radiotherapy atau dengan combine therapy dari ketiganya. Untuk diketahui, bahwa dua pertiga dari semua jenis kanker payudara mungkin masih bisa disembuhkan secara sempurna, asalkan tidak terlambat dalam pemeriksaan. Apalagi bila diagnosis bisa dilakukan sedini mungkin, maka kemungkinan sembuh sempurna menjadi 90% atau bahkan lebih.
Demikian jawaban kami, kiranya bisa menjadi berkat dan semangat bagi pak Nadir. TUHAN MEMBERKATI.

0 komentar:

Posting Komentar